Kebijakan Privasi

Tanggal revisi terakhir: 27 Januari 2019


Kebijakan ini menjelaskan informasi yang kami proses untuk mendukung Follme.id.



Cookie

Penampil dapat menerima cookie. Cookie adalah struktur data kecil yang dikirim dari server web ke browser internet dan disimpan di hard drive Anda sebagai file teks. Sebagian besar browser web diatur untuk menerima cookie. Jika Anda tidak ingin menerima cookie, Anda dapat menonaktifkan fungsi ini di browser web Anda meskipun hal itu dapat membatasi akses ke beberapa gelombang web. Cookie menyimpan informasi non-pribadi seperti alamat server Anda, nama domain tingkat atas Anda, tanggal dan waktu kunjungan Anda ke situs, gelombang yang Anda akses dan unduh, alamat situs terakhir yang Anda kunjungi, dan jenis browser yang Anda gunakan. Kami menggunakan informasi ini untuk memantau penggunaan situs web kami untuk memfasilitasi manajemen, pengembangan, dan perencanaan situs web. Kami menggunakan cookie log lalu lintas untuk mengidentifikasi gelombang mana yang sedang digunakan. Ini membantu kami menganalisis data tentang lalu lintas halaman web dan meningkatkan situs web kami untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan pelanggan. Kami hanya menggunakan informasi ini untuk keperluan analisis statistik. Satu-satunya informasi pengenal diri yang terlibat dalam cookie menunjukkan lokasi umum tempat Anda berasal, membantu kami melacak negara mana yang menggunakan situs web ini sejauh mungkin. Kami menggunakan perusahaan iklan pihak ketiga untuk menayangkan iklan ketika Anda mengunjungi situs web kami. Perusahaan-perusahaan ini dapat menggunakan informasi (tidak termasuk nama, alamat, alamat email, atau nomor telepon) tentang kunjungan Anda ke situs web ini dan lainnya untuk memberikan iklan tentang barang dan jasa yang menarik bagi Anda.



Jenis Informasi Apa Yang Kami Kumpulkan?

Sebagai situs media sosial, Follme.id perlu untuk mengumpulkan data setiap pengguna. Jenis informasi yang kami kumpulkan bergantung pada Layanan apa yang Anda gunakan.

1. Hal yang Anda lakukan dan informasi yang Anda berikan.

Kami mengumpulkan konten dan informasi lain yang Anda berikan ketika Anda menggunakan Layanan kami, termasuk ketika Anda mendaftarkan sebuah akun, membuat atau membagikan sesuatu, dan berkirim pesan atau berkomunikasi dengan pengguna lainnya. Ini dapat mencakup informasi dalam atau tentang konten yang Anda berikan, misalnya lokasi, foto atau tanggal sebuah berkas dibuat. Kami juga mengumpulkan informasi tentang bagaimana Anda menggunakan Layanan, seperti jenis konten yang Anda lihat atau Anda gunakan, atau frekuensi dan durasi aktivitas Anda selama menggunakan Layanan kami.

2. Hal yang dilakukan orang lain dan informasi yang mereka berikan.

Kami juga mengumpulkan konten yang diberikan oleh orang lain ketika mereka menggunakan Layanan kami, termasuk informasi tentang Anda, seperti ketika mereka membagikan foto tentang Anda, berkirim pesan kepada Anda, atau mengunggah, menyinkronkan, atau mengimpor informasi kontak Anda. Ini deperlukan agar kami bisa memantau setiap pengguna kami. Dan memastikan bahwa setiap pengguna merasa nyaman saat menggunakan Layanan kami.

3. Jaringan dan koneksi Anda.

Kami mengumpulkan informasi tentang orang dan grup yang terhubung dengan Anda dan bagaimana Anda berinteraksi dengan mereka, misalnya orang yang paling sering berkomunikasi dengan Anda, forum atau grup yang sering Anda kunjungi. Kami juga mengumpulkan informasi kontak yang Anda berikan jika Anda mengunggah, menyinkronkan, atau mengimpor informasi ini (misalnya sebuah buku alamat) dari sebuah perangkat.

4. Informasi tentang pembayaran.

Jika Anda menggunakan Layanan kami untuk pembelian atau transaksi keuangan (misalnya ketika Anda membeli sesuatu di Pasar Follme.id, melakukan pembelian paket iklan, atau memberikan donasi), kami mengumpulkan informasi tentang pembelian dan transaksi tersebut. Ini mencakup informasi pembayaran, seperti nomor kartu kredit atau kartu debit Anda dan informasi kartu lainnya, serta informasi akun dan autentikasi lainnya, serta detail penagihan, pengiriman, dan kontak.

5. Informasi perangkat.

Kami mengumpulkan informasi dari atau tentang komputer, ponsel, atau perangkat lainnya yang Anda gunakan untuk memasang atau mengakses Layanan kami, hal ini bergantung pada izin yang Anda berikan. Kami mungkin mengaitkan informasi yang kami kumpulkan dari beragam perangkat Anda, yang membantu kami memberikan Layanan konsisten ke berbagai perangkat Anda. Berikut ini adalah beberapa contoh informasi perangkat yang kami kumpulkan:
  • • Atribut seperti sistem operasi, versi perangkat keras, pengaturan perangkat, berkas dan nama dan jenis perangkat lunak, kekuatan baterai dan kekuatan sinyal, serta pengidentifikasi perangkat.
  • • Lokasi perangkat, mencakup lokasi geografi spesifik, seperti melalui GPS, Bluetooth, atau sinyal WiFi.
  • • Informasi koneksi seperti nama operator atau ISP, jenis browser, bahasa dan zona waktu, nomor ponsel, dan alamat IP.

6. Informasi dari situs web dan aplikasi yang menggunakan Layanan kami.

Kami mengumpulkan informasi ketika Anda mengunjungi atau menggunakan situs web dan aplikasi pihak ketiga yang menggunakan Layanan kami (seperti ketika mereka menawarkan tombol Suka atau Masuk Follme.id, atau menggunakan layanan pengukuran dan periklanan kami). Ini mencakup informasi tentang situs web dan aplikasi yang Anda kunjungi, penggunaan Layanan kami pada situs web dan aplikasi tersebut, serta informasi yang disediakan oleh pengembang atau penerbit aplikasi atau situs web kepada Anda atau kami.

7. Informasi dari mitra pihak ketiga.

Kami menerima informasi tentang Anda dan aktivitas Anda di dalam dan di luar Foolme.id dari mitra pihak ketiga, seperti informasi dari mitra ketika kami bersama-sama menawarkan layanan, atau informasi dari pengiklan tentang pengalaman atau interaksi Anda dengan mereka.

8. Perusahaan-perusahaan kami.

Kami menerima informasi tentang Anda dari perusahaan-perusahaan yang dimiliki atau dioperasikan oleh kami, sesuai ketentuan dan kebijakannya.

Bagaimana Cara Kami Menggunakan Informasi Ini?

Kami sangat antusias untuk menghadirkan pengalaman yang menyenangkan, memberikan manfaat, dan sesuai dengan kebutuhan setiap orang. Kami menggunakan semua informasi yang kami kumpulkan untuk membantu menyediakan dan mendukung Layanan kami agar semakin baik. Berikut caranya:

1. Memberikan, meningkatkan, dan mengembangkan Layanan.

Kami menggunakan informasi yang kami miliki (berdasarkan pada pilihan yang Anda buat) sebagaimana dijelaskan di bawah dan untuk menyediakan serta mendukung layanan kami.

Kami juga menggunakan informasi yang kami miliki untuk memberi Anda pintasan dan saran. Misalnya, kami bisa menyarankan agar teman Anda menandai Anda pada sebuah foto dengan membandingkan foto teman Anda dengan informasi yang sudah kami kumpulkan. Saat kami memiliki informasi lokasi, kami menggunakannya untuk menyelaraskan Layanan kami untuk Anda dan pengguna lainnya, seperti membantu Anda singgah dan menemukan acara lokal atau promosi di daerah Anda, memungkinkan Anda untuk menemukan orang-orang baru di sekitar Anda, atau memberi tahu teman Anda bahwa Anda sedang ada di sekitar mereka.

Kami menjalankan survei dan penelitian, menguji fitur dalam pengembangan, serta menganalisis informasi yang kami dapatkan untuk mengevaluasi dan meningkatkan produk serta layanan, mengembangkan produk atau fitur baru, serta melaksanakan aktivitas audit dan pemecahan masalah.

2. Berkomunikasi dengan Anda.

Kami menggunakan informasi Anda untuk bisa terhubung dan berkomunikasi dengan Anda. Misalnya mengirimkan komunikasi pemasaran, berkomunikasi dengan Anda tentang Layanan kami, dan memberi tahu Anda tentang kebijakan dan ketentuan kami. Kami juga menggunakan informasi Anda untuk menanggapi ketika Anda menghubungi kami.

3. Meningkatkan keselamatan dan keamanan.

Kami menggunakan informasi yang kami miliki untuk membantu memverifikasi akun dan aktivitas, serta mempromosikan keselamatan dan keamanan di dalam dan di luar Layanan kami, seperti dengan meneliti aktivitas mencurigakan atau pelanggaran terhadap ketentuan dan kebijakan kami. Kami bekerja keras untuk melindungi akun Anda menggunakan tim teknisi, sistem otomatis, dan teknologi canggih seperti enkripsi dan pembelajaran mesin. Kami juga menawarkan alat keamanan yang mudah digunakan untuk menambahkan lapisan keamanan tambahan ke akun Anda.

4. Menampilkan dan mengukur iklan dan layanan.

Kami menggunakan informasi yang kami miliki untuk meningkatkan sistem periklanan dan pengukuran kami, sehingga kami dapat memperlihatkan iklan yang relevan kepada Anda, di dalam dan di luar Layanan kami, serta mengukur efektivitas dan jangkauan iklan dan layanan.

Bagaimana Cara Informasi Ini Dibagikan?

Berbagi di Layanan Kami

Setiap orang berhak menggunakan Layanan kami untuk saling terhubung dan saling berbagi. Itu semua dapat dilakukan dengan membagikan informasi Anda dalam cara berikut:

1. Orang yang Anda ajak berbagi dan berkomunikasi.

Ketika Anda berbagi dan berkomunikasi dengan orang lain menggunakan Layanan kami, Anda dapat memilih pemirsa yang dapat melihat apa yang Anda bagikan. Misalnya, ketika Anda mengirimkan sesuatu di Foolme.id, Anda dapat memilih pemirsa untuk kiriman, misalnya grup khusus individu, semua Teman Anda, atau anggota Grup. Selain itu, ketika Anda menggunakan fasilitas percakapan, Anda juga dapat memilih orang yang Anda kirimi foto atau pesan.

Informasi publik adalah informasi yang Anda bagikan kepada pemirsa publik, serta informasi Anda di Profil Publik Anda, atau konten yang Anda bagikan di Halaman Follme.id atau forum publik lainnya. Informasi publik tersedia untuk siapa saja, di dalam dan di luar Layanan kami, dan dapat dilihat atau diakses melalui mesin pencari online, API, dan media offline, misalnya televisi.

Dalam beberapa kasus, orang yang Anda ajak berbagi dan berkomunikasi dapat mengunduh atau membagikan ulang konten ini dengan orang lain, di dalam dan di luar Layanan kami. Ketika Anda mengomentari kiriman orang lain atau menyukai konten mereka di Follme.id, maka orang tersebut yang memutuskan pemirsa yang dapat melihat komentar atau suka Anda. Jika pemirsanya publik, komentar Anda juga akan bersifat publik.

2. Orang yang melihat konten orang lain membagikan tentang Anda.

Orang lain mungkin menggunakan Layanan kami untuk membagikan konten tentang Anda dengan pemirsa yang mereka pilih. Misalnya, orang mungkin membagikan foto tentang Anda, menyebut atau menandai Anda di lokasi dalam sebuah kiriman, atau membagikan informasi tentang Anda yang Anda bagikan dengan mereka. Jika Anda memiliki masalah dengan kiriman seseorang, pelaporan sosial adalah cara bagi orang-orang untuk dengan cepat dan mudah meminta bantuan dari seseorang yang mereka percayai.

3. Berbagi dalam perusahaan-perusahaan kami.

Kami membagikan informasi yang kami miliki tentang Anda di dalam jaringan perusahaan kami.

4. Aplikasi, situs web, dan integrasi pihak ketiga di Layanan kami atau menggunakan Layanan kami.

Ketika Anda menggunakan aplikasi, situs web, atau layanan pihak ketiga lainnya yang menggunakan atau terintegrasi dengan Layanan kami, mereka mungkin menerima informasi tentang apa yang Anda kirimkan atau bagikan. Sebagai contoh, ketika Anda memainkan sebuah game dengan teman Anda, atau menggunakan tombol Komentari atau Bagikan di Follme.id di situs web, pengembang atau situs web game tersebut mungkin mendapatkan informasi tentang aktivitas Anda di game tersebut, atau menerima komentar atau tautan yang Anda bagikan dari situs web mereka di Follme.id. Selain itu, ketika Anda mengunduh atau menggunakan layanan pihak ketiga tersebut, mereka dapat mengakses Profil Publik Anda, yang mencakup nama atau ID pengguna Anda, rentang usia dan negara/bahasa Anda, daftar teman Anda, serta informasi yang Anda bagikan dengan mereka. Informasi yang dikumpulkan oleh aplikasi, situs web, atau layanan terintegrasi ini tunduk terhadap ketentuan dan kebijakan mereka.

5. Pemilik baru.

Jika terjadi perubahan kepemilikan atau kontrol atas semua atau sebagian dari Layanan kami atau aset mereka, maka kami mungkin akan mengalihkan informasi Anda kepada pemilik baru.

Berbagi Dengan Mitra Pihak Ketiga dan Pelanggan

Kami bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan pihak ketiga yang membantu kami menyediakan dan meningkatkan Layanan kami atau yang menggunakan produk periklanan atau produk terkait, yang memungkinkan untuk mengoperasikan perusahaan kami dan menyediakan layanan gratis kepada semua orang di seluruh Indonesia bahkan dunia. Berikut ini adalah jenis pihak ketiga yang dapat kami bagi informasi tentang Anda:

1. Layanan Periklanan, Pengukuran, dan Analistik (Hanya Informasi yang Teridentifikasi Non-Pribadi).

Kami ingin agar periklanan kami sama relevan dan menariknya dengan informasi lain yang Anda cari di Layanan kami. Berdasarkan hal ini, kami menggunakan semua informasi yang kami miliki tentang Anda untuk menampilkan iklan yang relevan untuk Anda. Kami tidak membagikan informasi yang secara pribadi mengidentifikasi Anda (informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi seperti nama atau alamat email yang secara langsung dapat digunakan untuk menghubungi Anda atau mengidentifikasi diri Anda) kepada mitra periklanan, pengukuran, atau analistik, kecuali Anda memberikan izin kepada kami. Kami mungkin memberikan mitra ini dengan informasi tentang jangkauan dan efektivitas dari periklanan mereka tanpa menyediakan informasi yang mengidentifikasi Anda secara pribadi, atau jika kami sudah menggabungkan informasi tersebut sehingga tidak mengidentifikasi Anda secara pribadi. Misalnya, kami mungkin mengatakan kepada pengiklan bagaimana kinerja iklan mereka, atau berapa banyak orang yang melihat iklan mereka atau memasang aplikasi mereka setelah melihat iklan, atau menyediakan informasi demografis yang tidak mengidentifikasi secara pribadi (misalnya wanita berusia 28 tahun, tinggal di Jakarta, menyukai kerajinan tangan) kepada mitra ini untuk membantunya memahami pemirsa atau pelanggannya, tetapi hanya setelah pengiklan menyetujui untuk tunduk kepada pedoman pengiklan kami.

2. Penjual, penyedia layanan, dan mitra lain.

Kami mentransfer informasi kepada penjual, penyedia layanan, dan mitra lain yang secara global mendukung bisnis kami. Misalnya menyediakan layanan infrastruktur teknis, menganalisis bagaimana Layanan kami digunakan, mengukur efektivitas iklan dan layanan, menyediakan layanan pelanggan, mempermudah pembayaran, atau melaksanakan penelitian dan survei akademis. Para mitra ini harus mematuhi tanggung jawab kerahasiaan dengan cara yang konsisten dengan Kebijakan Data ini dan persetujuan yang kami masukkan di dalamnya.

Bagaimana cara mengelola atau menghapus informasi tentang saya?

Kami memberi kemampuan kepada Anda untuk mengakses, memperbaiki, mengubah, dan menghapus data Anda.
Kami menyimpan data selama yang diperlukan untuk menyediakan produk dan layanan kepada Anda dan orang lain, termasuk yang sudah dijelaskan di atas. Informasi terkait dengan akun Anda akan disimpan hingga akun Anda dihapus, kecuali kami tidak lagi memerlukan data untuk menyediakan produk dan layanan.

Anda dapat menghapus akun Anda kapan saja. Saat Anda menghapus akun Anda, kami akan menghapus semua kiriman Anda, misalnya foto dan status terbaru. Jika Anda tidak ingin menghapus akun Anda, tetapi ingin menghentikan sementara penggunaan Follme.id, Anda harus menonaktifkan akun Anda. Ingat bahwa informasi yang dibagikan orang lain tentang Anda bukanlah bagian dari akun Anda dan tidak akan dihapus ketika Anda menghapus akun Anda.

Cara kami menanggapi permintaan hukum atau mencegah bahaya

Kami dapat mengakses, mempertahankan dan membagi informasi Anda untuk menanggapi permintaan secara hukum (seperti surat perintah penangkapan, perintah pengadilan atau surat panggilan) jika kami yakin hukum mengharuskan kami melakukannya. Ini termasuk menanggapi permintaan secara hukum dari yurisdiksi di luar Indonesia saat kami yakin bahwa tanggapan diperlukan oleh hukum di yurisdiksi tersebut, memengaruhi pengguna di yurisdiksi tersebut, dan sejalan dengan standar yang diakui secara internasional. Kami dapat juga mengakses, menyimpan, dan membagikan informasi apabila kami memiliki keyakinan atas dasar itikad baik bahwa harus: mendeteksi, mencegah dan mengatasi penipuan dan aktivitas ilegal lainnya; untuk melindungi diri kami sendiri, Anda dan yang lainnya, termasuk sebagai bagian dari penyelidikan kami; atau untuk mencegah kematian atau bahaya yang nyata terhadap tubuh. Misalnya, kami mungkin menyediakan informasi kepada mitra pihak ketiga tentang keandalan akun Anda untuk mencegah penipuan dan penyalahgunaan di dalam dan di luar Layanan kami. Informasi yang kami peroleh mengenai Anda, termasuk data transaksi keuangan terkait pembelian yang dilakukan dengan Follme.id, dapat diakses, diproses, dan dipertahankan untuk jangka waktu lama saat informasi tersebut menjadi subjek permintaan atau kewajiban hukum, penyelidikan pemerintah, atau penyelidikan yang berkaitan dengan kemungkinan pelanggaran ketentuan dan kebijakan kami, atau mencegah bahaya. Kami juga dapat menyimpan informasi dari akun yang dinonaktifkan karena melanggar ketentuan kami selama sedikitnya satu tahun untuk mencegah berulangnya penyalahgunaan atau pelanggaran ketentuan kami lainnya.

Cara kami memberitahukan kepada Anda tentang perubahan kebijakan ini

Kami akan memberi tahu Anda sebelum melakukan perubahan terhadap kebijakan ini dan memberikan Anda kesempatan untuk meninjau dan menyampaikan pendapat terhadap kebijakan yang diubah sebelum melanjutkan menggunakan Layanan kami.